Pages

Selasa, 25 Oktober 2011

SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTER - CBIS

COMPUTER  BASE INFORMATION SYSTEM(CBIS)

A. Pengertian CBIS
Sistem Informasi Berbasis Komputer atau Computer Based Information System (CBIS) merupakan sistem pengolahan suatu data menjadi sebuah informasi yang berkualitas dan dapat dipergunakan sebagai alat bantu yang mendukung pengambilan keputusan, koordinasi dan kendali serta visualisasi dan analisis. Beberapa istilah yang terkait dengan CBIS antara lain :
  •  Data
Data adalah catatan atas kumpulan fakta yang nantinya akan digunakan sebagai bahan dasar informasi
  • Informasi
Informasi merupakan hasil dari pengolahan data yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian nyata dan dapat digunakan sebagai alat bantu untuk pengambilan suatu keputusan.
  • Sistem
Sistem suatu kesatuan yang terdiri komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi dan merupakan entitas, baik abstrak maupun nyata, dimana terdiri dari beberapa komponen yang saling terkait satu sama lain.
  • Sistem Informasi
Sistem informasi adalah adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen .  Dengan integrasi yang dimiliki antar subsistemnya,sistem informasi akan mampu menyediakan informasi yang berkualitas, tepat, cepat dan akurat sesuai dengan manajemen yang membutuhkannya.

  •  Berbasis Komputer
Sistem Informasi “berbasis komputer” mengandung arti bahwa komputer memainkan peranan penting dalam sebuah sistem informasi. Secara teori, penerapan sebuah Sistem Informasi memang tidak harus menggunakan komputer dalam kegiatannya. Tetapi pada prakteknya tidak mungkin sistem informasi yang sangat kompleks itu dapat berjalan dengan baik jika tanpa adanya komputer. Sistem Informasi yang akurat dan efektif, dalam kenyataannya selalu berhubungan dengan istilah “computer-based” atau pengolahan informasi yang berbasis pada komputer.

B. Sub Sistem dari Sistem Informasi Berbasis Komputer
Sub sistem dari CBIS adalah :
1.   Sistem Informasi Akuntansi
2.   Sistem Informasi Manajemen
3.   Sistem Pendukung Keputusan
4.   Automasi Kantor (Virtual Office)
5.   Sistem Pakar

PERAN SPESIALIS INFORMASI TERHADAP PENGEMBANGAN CBIS
Sebagai seorang spesialis informasi mereka terbagi menjadi 5 golongan yang masing-masing memiliki peran yang berbeda, yaitu meliputi :
·               Analis Sistem
Bagian yang bertanggung jawab mengembangkan dan memperbaiki system pada CBIS. Dimana seseorang analis system bertanggung jawab atas penelitian, perencanaan, pengkoordinasian, dan merekomendasikan pemilihan perangkat lunak dan sistem yang paling sesuai dengan kebutuhan organisasi bisnis atau perusahaan. Analis sistem memegang peranan yang sangat penting dalam proses pengembangan system terutama pada system CBIS. Seorang analis sistem harus memiliki setidaknya empat keahlian: analisis, teknis, manajerial, dan interpersonal (berkomunikasi dengan orang lain). Kemampuan analisis memungkinkan seorang analis sistem untuk memahami perilaku organisasi beserta fungsi-fungsinya, pemahaman tersebut akan membantu dalam mengidentifikasi kemungkinan terbaik serta menganalisis penyelesaian permasalahan.

·               Pengolah Database
 Bagian yang membangung / menciptakan database perusahaan. Dengan adanya pengolah database maka akan adanya database yang bias mengetahui seluk beluk dari perusahaan dengan membangun segala informasi tentang sebuah perusahaan yang dapat menjadi informasi untuk keseluruhan anggota organisasi terutama melalui system CBIS.

·               Spesialis Jaringan
Bagian ini merupakan bagian yang ahli dalam membangun jaringan dan telekomunikasi. Jaringan ini menyambungkan koneksi antar anggota perusahaan melalui system CBIS.

·               Progammer
Orang membuat kode instruksi-instruksi dalam program dimana ia menulis program yang berfungsi untuk memelihara dan mengendalikan perangkat lunak sistem komputer seperti CBIS. Programmer membuat program yang menentukan bagaimana jaringan komputer, komputer dan CPU bekerja.
·               Operator
Sebagai operator ia adalah orang yang memakai komputer atau sebagai data entry. Jadi bagian ini menggunakan CBIS sebagai suatu system yang digunakan dalam suatu perusahaan untuk menlakukan fungsi-fungsi manajemennya.

Jadi melalui kelima spesialis informasilan CBIS dapat berkembang dan terlaksana dengan baik.


CONTOH : sistem CBIS dalam proses penyelesaian masalah.

0 komentar:

Posting Komentar