Pages

Selasa, 11 Oktober 2011

KONSEP DASAR MANAJEMEN

A. Pengertian : Dilihat dari asal katanya, kata manajemen atau management dalam Bahasa Inggris berasal darikata Italia, maneggiare yang kurang lebih berarti menangani atau to handle. Dalam bahasa latinada kata yang punya pengertian hampir sama yakni manus yang artinya tangan atau menangani.Sementara berbicara tentang definisi, layaknya istilah-istilah lain dalam kajian Ilmu Sosial,Manajemen juga memiliki sejumlah definisi yang diberikan para ahli. Disini hanya akandikemukakan satu definisi yang diungkapkan oleh GR Terry sebagai berikut: Manajemen merupakan sebuah proses yang khas, yang terdiri dari tindakan-tindakan:Perencanaan, Pengorganisasian, Penggiatan dan Pengawasan yang dilakukan untuk menentukanserta mencapai sasaran-sasaran yang telah ditetapkan melalui pemanfaatan sumber daya manusiadan sumber-sumber lainnya.  Pengertian lain manajemen adalah sebuah proses yang dilakukan untuk mewujudkan tujuanorganisasi melalui serangkaian kegiatan berupa perencanaan, pengorganisasian, pengarahan danpengendalian orang-orang serta sumber daya organisasi lainnya. 
3 faktor yang terlibat dalam proses penyelesaian:
1.Adanya penggunaan sumber daya organisasi (SDM, SDA, SDD, SDI)
2.Adanya proses yang bertahap (perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian)
3.Adanya seni dalam menyelesaikan pekerjaan Peran Manajer Dalam Organisasi: Efektif dan 

EfisienManajemen diperlukan agar tujuan organisasi dapat dicapai secara efektif dan efisien. Efektif menurut Peter F. Drucker adalah ³mengerjakan pekerjaan yang benar´. Sedangkan Efisienadalah ³mengerjakan pekerjaan dengan benar´.Agar manajemen yang dilakukan mengarah kepada kegiatan bisnis secara efektif dan efisien,maka manajemen perlu dijelaskan berdasarkan fungsi fungsinya/dikenal sebagai fungsi-fungsimanajemen (fungsi perencanaan, pengorganisasian pengimplementasian, serta pengendalian danpengawasan).Disamping pengertian dan definisi manajemen yang sudah diuraikan tadi, McFarland, 1979 jugamengemukakan empat pengertian manajemen yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari: 
1.proses-proses pengorganisasian; yakni perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, penggiatandan pengevaluasian. 
2.Kata manajemen juga berarti karir atau jabatan 
3.Kata manajemen juga dapat berarti kelompok orang yang bertanggungjawab dalammenjalankan sebuah organisasi.
 4.Kata manajemen juga dapat merupakan sebuah ilmu atau seni untuk mengatur orang lain Selanjutnya Harbison dan Myers menggolongkan manajemen itu menjadi tiga tipe, yaitu:
 1.Patrimonial Management.
Terdapat apabila suatu perusahaan dimiliki oleh sebuah keluarga dan kedudukan-kedudukanyang penting dalam hirarki perusahaan dikuasai oleh anggota-anggota keluarga tersebut.
 2.Political ManagementSuatu bentuk manajemen dimana kedudukan-kedudukan penting dan pokok dalam organisasidipegang oleh mereka yang mempunyai hubungan-hubungan politik berdasarkan atas loyalitaspada suatu partai politik tertentu. 
3.Profesional ManagementKedudukan yang strategis dan penting diserahkan kepada mereka yang telah memberikan buktiakan kecakapannya, kapasitas, kesanggupan, keahlian atau dengan perkataan lain atas dasar jasadan hasil yang mereka berikan kepada perusahaan. B. Fungsi-fungsi Dasar Manajemen Pada intinya fungsi-fungsi manajemen meliputi fungsi Perencanaan, Pelaksanaan dan Evaluasi.Namun dalam pelaksanaannya fungsi-fungsi dasar tersebut bisa dikembangkan secara fleksibelsesuai kebutuhan organisasi. Berikut adalah fungsi-fungsi manajemen yang dikemukakan oleh Dessler, 1996: 
1.Planning. Meliputi penentuan tujuan, tindakan, pengembangan aturan dan prosedur-prosedur,pengembangan rencana dan melakukan prediksi. 
2.Organizing. Meliputi pemberian tugas, bagian-bagian, pendelegasian wewenang,mengkoordinir pekerjaan 
3.Staffing, meliputi rekruitmen karyawan, pelatihan dan pengembangan 
4.Leading, mencakup pemberian perintah, menjaga motivasi dan semangat kerja karyawan 
5.Controlling, menentukan standar, melakukan perbaikan bila diperlukan. Fungsi-fungsi manajemen diperlukan agar keseluruhan sumber daya organisasi dapat dikeloladan dipergunakan secara efektif dan efisien sehingga tujuan organisasi dapat tercapai. Kegiatan-kegiatan dalam fungsi Manajemen 
1. Fungsi Perencanaan (Planning)

1.Menetapkan tujuan dan target bisnis
2.Merumusakan strategi untuk mencapai tujuan dan target bisnis tersebut
3.Menentukan sumber-sumber daya yang diperlukan 
4.Menetapkan standar atau indikator keberhasilan dalam pencapaian tujuan dan target bisnis. 

2. Fungsi Pengorganisasian (Organizing) 

1.Mengalokasikan sumber daya, merumuskan dan menetapkan tugas dan menetapkan prosedur yang diperlukan
2.Menetapkan struktur organisasi yang menunjukkan adanya garis kewenangan dan tanggungjawab 
3. Kegiatan penempatan SDM pada posisi yang tepat.

3. Fungsi Pengimplementasian (Directing)

1.Mengimplementasikan proses kepemimpinan, pembimbingan dan pemberian motivasi kepadatenaga kerja agar dapat bekerja secara efektif dan efisien dalam pencapaian tujuan 
2.Memberikan tugas dan penjelasan rutin mengenai pekerjaan 
3. Menjelaskan kebijakan yang ditetapkan
4. Fungsi Pengawasan (Controlling) Mengevaluasi keberhasilan dalam pencapaian tujuan dan target bisnis sesuai dengan indikator yang telah ditetapkan Mengambil langkah klarifikasi dan koreksi atas penyimpangan yang mungkin ditemukan Melakukan berbagai alternatif solusi atas berbagai masalah yang terkait dengan pencapaiantujuan dan target bisnis.  

Fungsi Operasional dari Manajemen

 Pada pelaksanaannya, fungsi-fungsi manajemen yang dijalankan menurut tahapan tertentu akansangat berbeda-beda jika didasarkan pada fungsi operasionalnya, belum lagi dilihat dari jenisorganisasinya.Berdasarkan operasionalnya, manajemen organisasi bisnis dapat dibedakan secara garis besar menjadi fungsi-fungsi:Manajemen SDM Manajemen Produksi Manajemen Pemasaran Manajemen Keuangan  
1. Manajemen Sumber Daya ManusiaAdalah penerapan manajemen berdasarkan fungsinya untuk memperoleh SDM yang kitajalankan & bagaimana SDM yang terbaik tersebut dapat terpelihara & tetap bekerja bersama kitadengan baik.
2.Manajemen produksiAdalah penerapan manajemen berdasarkan fungsinya untuk menghasilkan produk yang sesuaidengan standar yang ditetapkan berdasarkan keinginan konsumen, dengan teknik produksi yangse-efesien mungkin.
3. Manajemen pemasaranAdalah kegiatan manajemen berdasarkan fungsinya yang pada intinya berusaha untuk mengidentifikasi apa yang sesungguhnya dibutuhkan oleh konsumen, & bagaimana carapemenuhannya dapat diwujudkan.
4. Mnajemen keuanganAdalah kegiatan manajemen berdasarkan fungsinya yang pada intinya memastikan bahwakegiatan bisnis yang dilakukan mampu mencapai tujuannya secara ekonomis, yaitu diukur secarra profit.
5. Manajemen informasiAdalah kegiatan manajemen berdasarkan fungsinya yang pada intinya berusaha memastikanbahwa bisnis yang berjalan tetap mampu untuk terus bertahan dalam jangka panjang 
  
PERAN MANAGER DALAM PROSES MANAGEMENT 

Setiap perusahaan memiliki manajemen yang memegang berbagai peranan penting yangmenentukan keberhasilan dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan untuk diwujudkanbersama. Ada banyak peran yang harus dimainkan / diperankan para manajer secara seimbangsehingga diperlukan orang-orang yang tepat untuk menjalankan peran-peran tersebut.Manajemen yang baik haruslah berperan sesuai dengan situasi dan kondisi pada perusahaan atauorganisasi. Menajemen yang tidak bisa menjalankan peran sesuai tuntutan perusahaan dapatmembawa kegagalan.Berikut ini adalah Peranan Manajemen yang harus diperankan para Manajer :
1. Peran Interpersonal
 Yaitu hubungan antara manajer dengan orang yang ada di sekelilingnya, meliputi ;
- Figurehead / Pemimpin Simbol : Sebagai simbol dalam acara-acara perusahaan
- Leader / Pemimpin : Menjadi pemimpin yag memberi motivasi para karyawan / bawahan sertamengatasi permasalahan yang muncul.
- Liaison / Penghubung : Menjadi penghubung dengan pihak internal maupun eksternal.

 2. Peran InformasiAdalah peran dalam mengatur informasi yang dimiliki baik yang berasal dari dalam maupun luar organisasi, meliputi ;
- Monitor / Pemantau : Mengawasi, memantau, mengikuti, mengumpulkan dan merekamkejadian atau peristiwa yang terjadi baik didapat secara langsung maupun tidak langsung.
- Disseminator / Penyebar : Menyebar informasi yang didapat kepada para orang-orang dalamorganisasi.
- Spokeperson / Juru Bicara : Mewakili unit yang dipimpinnya kepada pihak luar.

3. Peran Pengambil KeputusanAdalah peran dalam membuat keputusan baik yang ditentukan sendiri maupun yang dihasilkanbersama pihak lain, meliputi ;
- Entrepreneur / Kewirausahaan : Membuat ide dan kreasi yang kreatif dan inovatif untuk meningkatkan kinerja unit kerja.
- Disturbance Handler / Penyelesai Permasalahan : Mencari jalan keluar dan solusi terbaik darisetiap persoalan yang timbul.- Resource Allicator / Pengalokasi Sumber Daya : Menentukan siapa yang menerima sumber daya serta besar sumber dayanya. 
- Negotiator / Negosiator : Melakukan negosiasi dengan pihak dalam dan luar untuk kepentinganunit kerja atau perusahaan.

TIPE-TIPE MANAJER 
 Tingkatan Manajer-Manajer Puncak Manajer yang bertanggung jawab pada dewan direksi dan pemegang saham atas keseluruhankinerja dan aktivitas perusahaan.Manajer MenengahManajer yang bertanggung jawab pada pengimplementasian strategi kebijakan dan keputusanyang dibuat oleh manajer puncak.Manajer Lini Pertama Manajer yang bertanggung jawab langsung atas pekerjaan karyawan (supervisi)Bidang-Bidang Manajemen Kesemua tingkatan manajemen di atas bekerja pada berbagai bidang dalam suatu perusahaan,meliputi: Sumber daya Manusia, Informasi dan Keuangan, Operasional, Pemasaran.
1. Manajer Sumber Daya Manusia bertugas: Rekruitmen, Pelatihan, Evaluasi kinerja, danPenentukan besarnya kompensasi bagi karyawan. 
2. Manajer Informasi bertugas dan bertanggung jawab terkait: Perancangan dan PenerapanSistem untuk menggabungkan, mengorganisasikan, dan mendistribusikan informasi.
3. Manajer Keuangan : Merencanakan dan mengawasi fungsi akuntansi dan sumber-sumber keuangan.
4. Manajer Operasi terkait dengan tugas-tugas dan tanggung jawab pada sistem yang digunakanoleh perusahaan dalam produksi, persediaan, dan pengawasan kualitas dari barang dan jasa yang dihasilkan .
5. Manajer Pemasaran bertanggung jawab atas kegiatan-kegiatan yang mencakuppengembangan, penetapan harga, promosi dan distribusi barang dan jasa dari produsen kepadakonsumen.

 DASAR KETRAMPILAN MANAJER
 Seorang manajer harus memiliki dan mampu mengembangkan ketrampilan Teknis, HubunganManusia, Konseptual dan Pengambilan Keputusan serta Pengelolaan Waktu.
1. Ketrampilan TeknisKetrampilan yang diperlukan untuk melakukan tugas khusus.
2. Ketrampilan Hubungan Manusia Ketrampilan untuk memahami dan bekerjasama dengan orang lain
3. Ketrampilan Konseptual Ketrampilan terkait dengan kemampuan untuk berpikir pada hal-hal yang abstrak, mendiagnosisdan menganalisis situasi yang berbeda dan memandang jauh kedepan.
4. Ketrampilan Pengambilan KeputusanKemampuan dalam identifikasi masalah, dan menentukan langkah terbaik untuk menyelesaikanmasalah.
5. Ketrampilan Pengelolaan WaktuKetrampilan yang berkaitan dengan pemanfaatan waktu secara produktif. 

KEAHLIAN MANAJEMEN UNTUK ABAD KE DUA PULUH SATUP
ada abad 21 manajer dituntut untuk memiliki wawasan terhadap pasar asing dan kemampuanmemahami dan memanfaatkan teknologi informasi sehingga mampu bersaing dalam lingkungan global.
MANAJEMEN DAN BUDAYA PERUSAHAAN 
Budaya perusahaan meliputi pengalaman, kisah, kepercayaan dan norma-norma bersama yangmemberikan ciri suatu organisasi yang akan membantu dalam menciptakan iklim kerja dan bisnisyang terjadi dalam suatu organisasi.

 MENGKOMUNIKASIKAN BUDAYA DAN MENGELOLA PERUBAHAN 
Budaya perusahaan mempengaruhi budaya dan perilaku manajemen, untuk itu manajer harusmemiliki pemahaman yang jelas tentang budaya, menyalurkan budaya itu pada orang lain dalamorganisasi dan dapat mempertahankan budaya tersebut. Jika harus mengubah budaya dapatditempuh dengan tiga tahap:
1. Manajemen Puncak mengidentifikasi perubahan lingkungan sebagai tanggapan terbaik terhadap masalah yang dihadapi. 
2. Merumuskan visi perusahaan baru.Menetapkan sistem baru untuk menghargai dan memberikan kompensasi kepada karyawan yangmengukuhkan nilai baru perusahaan

0 komentar:

Posting Komentar